Senin, 10 Februari 2014

Menikmati Keindahan Sunset Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko secara administratif berada di kecamatan Bokoharjo, kabupaten Sleman,  komplek candi yang lebih menyerupai istana ini terbentang di areal seluas 16 ha, sangat menarik untuk di jelajahi, terletak sekitar 17 km di sebelah timur kota Jogja , Candi Ratu Boko  terletak di kawasan perbukitan setinggi 129m dpal, cukup mudah diakses menggunakan kendaraan pribadi, namun dengan kendaraan umum hanya bisa dijangkau dengan ojek, namun jangan khawatir ada satu cara yang mudah untuk menjangkau Candi Ratu Boko ini, yaitu dengan membeli tiket terusan Candi Prambanan-Candi Ratu Boko, dengan tiket terusan ini anda akan mendapatkan tour Candi Prambanan dan kemudian ada transportasi langsung menuju Ratu Boko.

Candi Ratu Boko diperkirakan oleh para ahli dulu bukan hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, namun juga sebagai benteng pertahanan, areal Candi Ratu boko terbagi menjadi empat, Bagian tengah terdapat bangunan gapura utama, lapangan, Candi Pembakaran, kolam, batu bertumpak, dan paseban, sementara dibagian tenggara terdapat pendopo, balai-balai, tiga candi, kolam, dan kompleks keputren, kompleks gua, stupa Budha, dan kolam terdapat dibagian timur, sedangkan sisanya bagian barat hanya terdiri atas perbukitan.

Candi Ratu Boko didirikan pada masa pemerintahan Rakai Panangkaran. Berdasarkan Prasasti Kalasan bertarih 779  Masehi, Prasati Mantyasih bertarih 907 Masehi, dan Prasasti Wanua Tengah III bertarih 908 Masehi.  Rakai Panangkaran adalah keturunan wagsa Sanjaya namun memeluk agama Budha, hal inilah yang mungkin menyebabkan di komplek candi Ratu Boko terdapat unsur-unsur Hindu yang memuja dewa Siwa. Bisa juga hal ini membuktikan teori toleransi beragama di kerajaan Mataram kuno.


Mengunjungi komplek Candi Ratu Boko anda akan mendapatkan suasana damai, komplek candi yang cukup luas untuk dijelajahi ini sangat menarik terutama viewnya, terletak didaerah perbukitan setinggi 129m anda akan diberikan sebuah pemandangan menakjubkan Candi Prambanan berlatar belakang kota Yogyakarta dan Gunung Merapi, view lebih indah akan anda dapatkan disore hari, sunset Ratu Boko saat ini sudah menjadi tempat tujuan wisata yang terkenal, keindahannya bisa anda buktikan sendiri dengan mengunjungi Candi Ratu Boko.

Foto Candi Ratu Boko






Berencana untuk berlibur ke Yogyakarta? Candi Ratu Boko sangat sayang untuk anda lewatkan, menikmati sunset Candi Ratu Boko akan membawa anda menikmati sensasi keindahan alam yang tentu tidak ingin anda lewatkan begitu saja, untuk masalah penginapan anda bisa membaca hotel murah di Yogyakarta dan juga bisa membaca informasi lain mengenai tempat wisata di Yogyakarta, semuanya bisa anda temukan di Tempat Wisata Nusantara.