Selasa, 25 Februari 2014

Kampung Sade, Lombok Tengah, Menelusuri Nilai Luhur Local Genius

Kampung Sade, Lombok

Kampung Desa Sade, terletak di Desa Rambitan, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, memberikan suatu daya tarik pesona kehidupan tradisional nan sederhana, anda serasa akan dibawa kembali ke masa lampau ketika menyelusuri  lorong-lorong sempit Kampung Sade, dengan rumah-rumah tradisionalnya yang terbuat dari bambu beratapkan alang-alang, kesan sederhana segera menyeruak kehadapan anda sesaat setelah anda  memasuki kampung ini.





Kampung Sade berada di Lombok Tengah, terletak sekitar 70 km atau 2 jam perjalanan dari Bandara Internasional Lombok, anda bisa menjangkau kawasan wisata ini dengan transportasi yang banyak disediakan oleh penyedia travel agent disekitar Bandara maupun Kota Mataram.

Penduduk Kampung Sade sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani, namun salah satu pemandangan menarik adalah seni tenun yang dikerjakan oleh kaum wanita dikampung sade. Tenun tradisional khas Kampung Sade bisa anda temukan dengan mudah harga yang ditawarkan cukup variatif, rata-rata ada pada kisaran Rp 50.000 – Rp 150.000, selain itu anda juga bisa melihat proes pembuatannya yang terlihat sangat rumit karena masih menggunakan alat tenun tradisional.

Penduduk Kampung Sade, merupakan  penduduk asli suku tradisional Sasak, yang konon  telah ada dari tahun 1907. Bahkan, leluhur mereka, telah menempati Pulau Lombok ini dari masa zaman prasejarah. Keahlian menenun pun mengiringi sejarah mereka. Aktivitas ini dikerjakan oleh sebagai wanita dewasa dan ibu rumah tangga, biasanya kegiatan ini akan dilakukan ketika tanah diladang mereka sedang mengalami kekeringan.

Hal menarik lain yang bisa anda temukan di Kampung Sade adalah Rumah Tradisionalnya, rumah tradisonal yang memiliki ciri khas tidak memiliki jendela dan beratapkan alang-alang, setiap 7 atau 9 tahun sekali atap rumah ini diganti, konstruksi atap yang curam didesain agar atap tidak mudah bocor, atap alang-alang ini akan memberikan kesejukan di dalam rumah.

Ciri lain dari rumah tradisional Kampung Sade adalah lantainya yang terbuat dari tanah liat yang dicampur dengan sekam dan kotoran sapi atau kerbau, seminggu sekali lantai tanah liat itu akan dipel dengan menggunakan kotoran sapi atau kerbau, fungsinya agar suhu rumah tetap hangat, menghilangkan debu dan agar lantai menjadi keras seperti lantai semen.

Foto-Foto Kampung Sade






Ragam wisata di kepulauan Indonesia memang sangat menarik, dari Sabang sampai Merauke ragam tempat wisata menarik bisa anda temukan, seperti di gugusan kepulauan sunda kecil ini, tempat wisata di Lombok yang mulai diperhitungkan sebagai destinasi wisata semakin menggeliat, tempat wisata berkelas internasional seperti Gili Trawangan bisa anda kunjungi.Anda juga bisa membaca artikel mengenai tujuan wisata menarik lain di Indonesia, semuanya bisa anda temukan di Tempat Wisata Nusantara.