Kamis, 20 Februari 2014

Keagungan Pura Besakih The Mother Temple di Lereng Gunung Suci

Pura Besakih

Bali dikenal sebagai Pulau Dewata, tentu ada alasan kenapa Bali disebut sebagai Pulau Dewata, dan saya yakin sebagian besar dari anda memiliki jawabannya, selain dikenal dengan julukan Pulau Dewata, bali juga sering disebut Pulau Seribu Pura, tidak mengherankan karena di Pulau ini terdapat 11.000 Pura, bahkan di beberapa tempat, konon kabarnya jumlah pura lebih banyak dari jumlah rumah penduduk.

Pura Besakih adalah induk dari semua ribuan pura yang ada di Bali, sebagai Pura terbesar dan berada di lereng Gunung Agung, Pura ini adalah pusat kegiatan upacara keagamaan di Bali seperti Galungan. Pura Besakih juga dikenal dengan nama Pura Agung Besakih, berada di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali, Pura Besakih terdiri dari satu Pura pusat yang diberi nama Pura Penataran Agung Besakih dan terdapat 18 Pura pendamping yang berada disekeliling Pura Penataran Agung Besakih.

Pura Besakih yang didirikan oleh seorang Rsi bernama Rsi Markandeya, bisa anda kunjungi dengan melakukan perjalanan sekitar 25 km dari kota Denpasar. Sebuah cerita mengenai Pura Bekasih terjadi pada pada 17 Maret 1963, ketika Gunung Agung meletus dan menewaskan lebih dari 1.000 jiwa serta merusakkan desa-desa di sekitarnya. Namun Pura Besakih yang hanya berjarak 1 km dari puncak Gunung Agung tidak mengalami kerusakan sama sekali.

Foto Pura Besakih







Peta Pura Besakih



Pura Besakih mungkin akan menjadi sebuah destinasi wisata yang menarik untuk anda dan keluarga, tidak ada salahnya anda menambahkan Pura Besakih sebagai tempat yang akan anda singgahi selain tempat wisata di Bali lainnya, anda juga bisa mempertimbangkan Kawasan Garuda Wisnu Kencana Cultural Park untuk anda kunjungi, atau anda ingin mengunjungi daerah tujuan wisata lain di Indonesia? Anda bisa membaca artikel-artikel menarik lainnya di Tempat WisataNusantara