Jumat, 14 Februari 2014

Sunset Pura Tanah Lot Yang Tak Terlupakan

Pura Tanah Lot

Berkunjung ke Pulau Bali, salah satu destinasi yang harus anda kunjungi adalah Pura Tanah Lot,sebuah objek wisata yang terletak di Desa Beraban , Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan, sekitar 13 km barat Tabanan. Keindahan Pura suci yang seakan-akan berada disebuah pulau ditepi laut ini memang tidak diragukan lagi, terutama sunsetnya yang fenomenal.

Menurut cerita rakyat yang beredar, Pura Tanah Lot memiliki nama lain Pura Pakendungan didirikan pada abad ke 16 oleh seorang brahmana bernama Danghyang Nirartha. Karena mendapat tentangan dari Bendesa Beraban, sang penguasa wilayah ini, maka sang pendeta mengangkat sebuah karang dan memisahkannya dengan daratan, maka terbentuklah Pura Tanah Lot.

Pura Tanah Lot menjadi sebuah tempat yang merupakan tempat pemujaan dewa-dewa penjaga laut. Pura tanah lot yang berarti pura di tengah laut memang sangat istimewa, ketika air pasang, pura tanah lot akan nampak seperti sebuah pulau kecil ditegah laut. Memasuki pura tanah lot, wisatawan hanya boleh memasuki pelataran Pura, karena bagian dalam pura hanya diperbolehkan dimasuki oleh unmat Hindu yang akan bersembahyang.

Daya tarik lain Pura Tanah Lot adalah adanya seekor ular suci yang konon diciptakan oleh Dayang Nirartha untuk menjaga Pura ini, Anda bisa memegang ular ini meskipun ular ini tergolong ular yang sangat berbisa, selain itu, di Pura Tanah Lot juga terapat sebuah sumber air tawar, terasa unik karena Pura Tanah Lot dikeilingi lautan yang jelas memiliki air dengan kadar salinitas tinggi.

Foto Pura Tanah Lot





Menyusuri keindahan pulau Dewata memang kita akan disuguhi dengan berbagai fenomena dan keindahan alam, sangat wajar jika Pulau Bali menjadi salah satu favorit para wisatawan dari berbagai penjuru dunia, tempat tujuan wisata di Bali memang sangat beragam, anda juga bisa mengunjungi berbagai objek wisata lain, untuk masalah penginapan, anda bisa membaca hotel murah di Kuta, anda juga bisa menemukan destinasi tempat wisata lain di Tempat Wisata Nusantara.