Kamis, 13 Maret 2014

Keindahan Pesona Tersembunyi Tempat Wisata di Jakarta

Jakarta, sebuah kota metropolitan yang dikenal macet, padat dan penuh polusi, sekaligus sebuah kota yang rajin kebanjiran di bulan januari sampai Februari, membuat semua orang berpikir jakarta adalah sebuah kota yang menyebalkan, mungkin benar adanya, namun bukan berarti jakarta tidak memiliki daya tarik pariwisata, sudut-sudut kota Jakarta ternyata memiliki banyak sekali daya tarik yang sayang untuk anda lewatkan begitu saja, dengan kemajuan tingkat ekonomi dan infrastrukturnya Jakarta tetap memberikan daya tarik pariwisata untuk anda yang ingin mengunjungi ibu kota negara ini. Tempat wisata di Jakarta terbentang luas dari kawasan Puncak yang berada di wilayah administratif Bogor, sampai kepulauan seribu yang eksotis di tengah Laut Jawa, sebuah daya tarik pariwisata yang sangat besar untuk sebuah kota yang lebih didominasi oleh sektor jasa dan industri seperti Jakarta.

Daftar Isi Artikel

  1. Tempat Wisata di Jakarta
  2. Tempat Wisata Alam di Jakarta
  3. Wisata Kuliner Jakarta
  4. Wisata Air di Jakarta

Tempat Wisata di Jakarta

Salah satu tempat wisata yang menjadi tujuan ara penghuni kota Jakarta terutama di akhir pekan adalah kawasan Puncak di Bogor, sebuah kawanan wisata yang berupa daerah dataran tinggi dengan pemandangan kebun teh, akan segera menyegarkan mata anda dengan keindahan pemandangannya, kesegaran udara pegunungan juga bisa anda rasakan di kawasan Puncak ini. Memang secara administratif puncak bukan wilayah Jakarta, namun kawasan ini sudah sangat identik dengan tempat liburan kaum urban Jakarta, sehingga penulis memasukan kawasan Puncak sebagai tempat wisata di Jakarta, terletak sekitar 80 km dari jakarta, jalur menuju puncak bisa anda lalui dengan menelusuri jalan tol Jagorawi menuju Cisarua, anda harus memperhatikan jadwal buka tutup lalulintas yang dilakukan oleh pihak kepolisian terutama di akhir pekan, jangan sampai justru anda hanya akan terjebak macet.

Beberapa tempat yang bisa anda kunjungi di Puncak salah satunya adalah Agro Wisata Gunung Mas, tempat wisata yang dikelola oleh perkebunan nusantara VII memberikan hamparan perkebunan teh menghijau yang bisa anda nikmati dengan tea walk, ada juga kolam pemancingan, tea corner, anda juga bisa mencoba berkuda dan terbang layang di sini. di Kawasan Puncak anda juga bisa mengujungi Taman Matahari dengan berbagai wahana permainan yang cukup menarik.


Kembali ke Kota Jakata, berbagai macam tempat wisata bisa anda temukan, salah satu yang mungkin ingin anda kunjungi adalah Landmark kota Jakarta yaitu Monas, berada di pusat kota Jakarta, tepatnya di lapangan Medan Merdeka, Monas akan memberikan anda sebuah pengalaman sejarah,  dengan mengamati diorama-diorama peristiwa sejarah terbentuknya Republik Indonesia, anda juga bisa menikmati pemandangan gedung-gedung tinggi di Jakarta dari puncak Monas.




Selain Monas, anda bisa mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah, terletak di Jakarta Timur, TMII sangat pas untuk anda dan keluarga yang ingin mempelajari keanekaragaman suku bangsa dan budaya Indonesia, berbagai anjungan dari seluruh Propinsi Indonesia bisa anda temukan disini. Tempat yang tidak kalah menariknya adalah Kota Tua di Jakarta Utara, sebuah petualangan yang akan memberi anda gambaran keindahan Batavia dimasa lalu, salah satu objek yang menjadi favorit pengunjung Kota Tua adalah Musium Fatahillah, tempat yang cukup menarik untuk anda menghabiskan akhir pekan bersama keluarga.

Tempat Wisata Alam di Jakarta.

Selain menyajikan tempat wisata kota, Jakarta ternyata juga masih memiliki tempat-tempat wisata alam yang menarik, yang sangat menyenangkan adalah dibalik gemerlap hutan beton megapolitan Jakarta, tersembunyi keindahan alam yang hanya beberapa jam bisa dijangkau dari pusat kota. Tempat tujuan wisata alam favorit di Jakarta adalah Kepulauan Seribu, gugusan kepulauan yang ada di Laut Jawa memberikan pesona pantai yang memukau.



Salah satu tujuan utama yang menarik di Kepulauan Seribu adalah Pulau Tidung, pulau yang saat ini enjadi favorit para wisatawan, terutama masyarakat Jakarta yang penat dengan kehidupan sehari-harinya, salah satu objek favorit di Pulau Tidung adalah Jembatan Cinta. Anda bisa menjangkau Pulau Tidung melalui pelabuhan Muara Angke maupun Marina Ancol, Paket wisata ke Pulau Tidung juga relatif terjangkau, biasanya pemberangatan dari Muara Angke lebh murah dibanding Marina Ancol.

Wisata Kuliner di Jakarta

Jakarta tentu saja memiliki sisi lain yang sangat menarik selain kesemrawutan lalu lintasnya, salah satu daya tarik Jakarta adalah Wisata Kulinernya yang sangat mengasyikan, berbagai makanan dari seluruh penjuru tanah air maupun makanan kas dari negara lain bisa anda temukan di Jakarta, salah satu yang mungkin bisa anda tuju adalah restoran masakan jawa Lara Jonggrang, denganberbagai menu khas dari jawa, restoran ini akan mengingatkan anda dengan makanan-makanan yang bisa anda temukan di daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta.



Ke Jakarta tentu tidak lengka rasanya jika tidak mencoba kuliner khas Betawi, anda bisa menuju Warung Betawi Haji Mahyar, meskpun hanya berupa warung sederhana, namun kenikmatan pecak ikan mas nya akan menggoyang lidah anda. Anda penggemar masakan Barat? Maverick Steak House Panglima Polim bisa memuaskan anda dengan  hidangan Steaknya yang menggoda.

Untuk Penggemar masakan China, Jakarta memiliki segudang tempat makan yang menyediakan menu favorit masakan China, salah satunya adalam Miitem, sebuah kafe yang sudah cukup memiliki nama di daerah Kemang, salah satu menu andalannya adalah olahan bebek yang sangat spesial. Untuk anda penggemar Bakmi, anda bisa mendatangi Bakmi Gang Kelinci yang sangat terkenal kelezatannya.

Wisata Air di Jakarta

Wisata air alias waterpark juga merupakan salah satu andalan wisata Jakarta, banyak sekali tempat wisata yang menawarkan petualangan bermain air yang sangat seru dan menyenangkan, anda bisa bersantai, mengapung diatas ban, atau anda bisa memacu adrenalin dengan menuruni seluncuran yang menantang, beberapa tempat yang bisa anda kunjungi salah satunya Snow Bay, sebuah waterpark yang berada didalam komplek Taman Mini Indonesia Indah ini, wahana ini buka setiap hari dengan tiket masuk seharga Rp 100.000 dihari biasa dan Rp 120.000 diakhir pekan.



Atantis Water Adventure juga bisa menjadi alternatif pilihan untuk anda, berada didalam kompleks Pantai Ancol, anda bisa menikmati berbagai wahana yang menjadi daya tarik waterpark ini, kompelk yang dulu bernama Gelanggang Renang Ancol ini memiliki banyak sekali variasi kolam, dari kolam anak-anak sampai kolam olimpic, harga tiketnya relatif terjangkau, Rp 90.000 untuk hari kerja, dan Rp 110.000 untuk ahir pekan.

Satu lagi yang mungkin akan menarik perhatian anda adalah Waterboom Pantai Indah Kapuk, dengan suasana hijau disekitar kolam membuat Waterboom ini bisa anda nikmati seharian tanpa kepanasan. Tiket per orang juga cukup terjangkau Rp 150.000 untuk dewasa, Rp 100.000 untuk anak-anak dihari kerja dan Rp 130.000 untuk pelajar. Sedangkan saat weekend, tiket masuk mengalami kenaikan. Rp 200.000 untuk dewasa, Rp 150.000 untuk anak-anak dan Rp 160.000 untuk pelajar. Jam operasional selama Senin-Jumat adalah pukul 11.00-21.00 WIB dan akhir pekan serta libur nasional adalah 08.00-21.00 WIB.


Jakarta, menarik bukan? Selalu ada sisi menarik dari sebuah tempat, begitu juga dengan Jakarta, dengan kesibukan perekonomian dan geliat industri dikota ini, anda masih bisa menikmati tempat-tempat wisata yang menarik, berminat untuk menelusuri tempat-tempat wisata di Jakarta? Untuk menikmati akhir pekan anda juga bisa mengunjungi tempat wisata di Bandung, atau anda ingin menikmati keindahan wilayah lain di Indonesia? Anda bisa membaca artikel-artikel menarik tentang tujuan wisata di Indonesia, semuanya bisa anda temukan di tempat Tujuan Wisata Nusantara.