Minggu, 06 Juli 2014

Pesona Simpang Lima Pusat Wisata di Semarang

Simpang Lima Semarang

Semarang adalah nama ibukota propinsi Jawa Tengah. Awalnya Semarang adalah sebuah kabupaten, namun seiring dengan perkembangannya, saat ini Semarang terbagi menjadi kabupaten dan  kotamadya yang mana pusat pemerintahan kotamadya berada di dalam kota Semarang sedangkan Kabupaten Semarang beribukota di Ungaran.  Kotamadya Semarang di kenal sebagai  kota pantai  dan memiliki pelabuhan yang cukup besar yaitu Tanjung Emas, sedangkan wilayah kabupaten Semarang lebih dikenal sebagai daerah perbukitan. Dengan ketinggian wilayah sampai dengan 359 meter dari permukaan laut, menjadikan Semarang  mempunyai daya tarik wisata tersendiri karena kondisi alamnya yang lengkap antara pantai dan pengunungan.

foto simpang lima semarang


Simpang Lima – tempat ini  adalah  ikon dari kota Semarang.  Dengan alun-alun sebagai sentral serta adanya lima persimpangan jalan (yaitu : Jln. Pahlawan, Jln. Gajah Mada, Jln. Pandanaran, Jln. KH Ahmad Dahlan dan Jln. Ahmad Yani) di kawasan tersebut  menjadikan daerah ini disebut Simpang Lima. Berwisata ke Semarang terasa belum lengkap apabila tidak menyempatkan singgah di Simpang Lima ini.  Alun-alun yang bernama Lapangan Pancasila ini adalah alun-alun baru kota Semarang (alun-alun lama di daerah Kauman sudah beralih fungsi menjadi pusat perbelanjaan).  

Foto simpang lima semarang

Letaknya yang tepat di tengah kota,  alun-alun baru ini dikelilingi oleh beberapa pusat perbelanjaan dan juga beberapa hotel.  Hotel yang letaknya di sekitar Simpang Lima diantaranya adalah Hotel Ibis,  Hotel Graha Santika, Hotel Ciputra dan Hotel Horison, sedangkan pusat perbelanjaan yang berada di sekitar Simpang Lima yaitu Mall Ciputra, Plaza Simpang Lima dan Ramayana. Selain itu, tidak jauh dari Simpang Lima ini terdapat juga Kantor Gubernur Jawa Tengah yang terletak  di Jalan Pahlawan, Kampus Unes dan juga Undip. 

Peta simpang lima semarang

Di hari Minggu pagi Simpang Lima juga menjadi salah satu tempat favorit untuk berolahraga.  Kawasan Simpang Lima ini akan kian semarak saat malam tiba, karena di malam hari kawasan Simpang Lima akan di penuhi oleh para pedagang kaki lima, yang mana ini juga menjadi daya tarik bagi para wisatawan utamanya penyuka wisata kuliner.  Inilah salah satu alasan mengapa kawasan Simpang Lima menjadi wajib dikunjungi, karena keanekaragaman jenis masakan yang pasti akan memanjakan selera anda. Baca artikel lain mengenai tempat wisata di Semarang di berliburan.blogspot.com